16 Oktober 2020 | Dilihat: 165 Kali
Ketua PP Way Kanan Angkat Bicara
Terkait Dugaan Adanya Pungli Di SMPN 03 Negeri Agung
noeh21
 

Oleh : M. NASIR

HITVBERITA.com Way Kanan | Ditengah pandemic Covid -19 yang semuanya terdampak dalam segi ekonomi tak terkecuali seluruh wali Murid yang ada di Kabupaten Waykanan, namun pihak sekolah SMPN 03 Negeri Agung, Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, malah melakukan pungutan liar terhadap siswa yang otomatis jadi memberatkan para orang tua wali murid..

Pungutan yang diduga liar tersebut, dimintakan sebesar Rp60 ribu per-murid dikalikan sebanyak kurang lebih 130 Murid dari Kelas 8 dan Kelas 9, yang menurut keterangan Jauhari selaku Ketua Komite SMPN 03 itu, untuk digunakan biaya
pembangunan WC di sekolah tersebut.

"Saya disini hanya sebagai Ketua Komite, jika dana nya terkumpul saya kasih semua ke pihak sekolah, saya hanya mengawasi nya saja," ucap Jauhari menjelaskan.

Sumber HITV menyebutkan bahwa pungutan  sebesar Rp.60 Ribu tersebut disetorkan kepada Bu Yani.

Kejanggalan lain yang berhasil ditelusuri HiTV adalah terkait posisi Jauhari yang telah ditunjuk sebagai Ketua Komite sekolah SMPN 03, namun lucunya, dia justru tidak memiliki anak yang yang bersekolah di SMPN 03 tersebut.

"Jelas ini telah melanggar peraturan, karena berdasarkan ketentuan bagi para pengurus komite sekolah, memang seharusnya memiliki  anak yang harus bersekolah di sekolahan yang bersangkutan," ujar sumber HITV.
​​​​​​

Ketua Pemuda Pancasila Kab Way Kanan Herman, menyayangkan adanya pelanggaran terhadap penunjukan Ketua Komite Sekolah tersebut.

Herman berencana akan mengadukan kejangalan itu kepada pihak berwajib.(Dok/Foto/NASIR)

 

"Ini sudah jelas-jelas melanggar Permendikbud No 44 Tahun 2012,  tentang pungutan dan sumbangan biaya pendidikan pada sekolah negeri,"ujar Herman.
 

Dan tidak menutup kemungkinan  bisa pelanggaran yang telah diperbuat oleh pihak sekolah dan Ketua Komite bisa dijerat dengan  Undang-Undang tentang Pungli No.20 Tahun 2001 Pasal 368 KUHP dan Pasal 423 KUHP".Ucap Herman.
 

"Dan saya selaku Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Waykanan akan mengawal kasus ini ke pihak yg berwajib, agar kesalahan serupa tidak terjadi lagi di Dunia Pendidikan Nasional kita,  khususnya  di Kabupaten Way Kanan," tutupnya.
 

Laporan :
Biro Redaksi Kab. Way Kanan

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077