Berita  

HUT Ke-78 TNI 5 Oktober 2023, Mengusung Thema TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju

Peringatan Upacara HUT TNI Ke-78
banner 120x600

HiTvBerita.com – Jakarta | Pada Peringatan Upacara HUT TNI Ke-78 hari ini, Kamis (5/10/2023), di Silang Monas Jakarta Pusat, bertindak sebagai Komandan Upacara Mayjen TNI Chairul Anam selaku Panglima Divisi III Kostrad, dan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Hadir dalam upacara tersebut, ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin berserta Istri,  Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, KSAD Jendral TNI Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Madya TNI Muhamad Aliz, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Menkopolhukam Mahfud MD dan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Selain dihadiri nama nama para petinggi negara tersebut diatas, peringatan HUT TNI Ke-78 ini,  juga dihadiri oleh para pimpinan lembaga tinggi negara.dan juga sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Acara diawali dengan Devile Peserta Upacara, yang terdiri dari Brigade Upacara I yang merupakan Gabungan dari 3 Matra, Brigade Upacara 2 terdiri dari Matra TNI AD, Brigade Upacara III terdiri dari Matra TNI Angkatan Laut, Brigade Upacara IV terdiri dari Matra Angkatan Udara.

Tepat pada Pukul 08.00 WIB, upacara dimulai diawali dengan salam kebangsaan mendengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan Cipta, serta Laporan Pemimpin upacara yang dilanjutkan dengan Pemeriksaan Barisan.

Dalam sambutannya, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, mengucapkan selamat Ulang Tahun kepada seluruh Tentara Nasional Indonesia, dimanapun berada.

“Saya mengucapkan selamat Ulang Tahun kepada seluruh TNI dimanapun berada, saya senang karena kepercayaan Masyarakat Indonesia terhadap TNI berdasarkan Hasil Survei mencapai 80 sampai 90 %,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi, juga menjelaskan terkait pentingnya negara memiliki alusista yang handal.

“Alusista memang sangat diperlukan, tapi mengingat keuangan negara sangat terbatas, maka dari itu saya minta, agar belanja untuk kebutuhan alusista, harus disesuaikan dengan kepentingannya,” ungkapnya.

Acara yang dilaksanakan dengan sangat Khidmat ini, disaksikan juga oleh ratusan warga masyarakat yang memenuhi area upacara di Silang Monas, guna menyaksikan dari dekat acara Peringatan HUT TNI Ke-78.

Menurut keterangan Rafi warga Tangerang yang sejak pagi sudah berada di area Monas. Dia  mengatakan bahwa kedatangannya dia bersama keluarganya tersebut ke Monas,  memang sengaja ingin menyaksikan jalannya Upacara Peringatan HUT TNI Ke-78 itu, terlebih acara ini pun menurut Rafi terbuka untuk umum.

“Saya bersama keluarga sejak pagi tadi sudah ada disini, kami ingin lihat upacara dan atraksi HUT TNI tahun ini, karena infonya, tahun depan Upacara HUT TNI akan dilaksanakan di IKN,” kata Rafi berikan alasan

Hal senada disampaikan oleh Atiyah seorang Ibu Rumah tangga, yang hadir bersama suami dan anak anaknya.

“Kami sengaja datang kesini karena ingin nonton atraksinya dan itu pasti asyik, karena tahun lalu, kami juga ikut nonton,” ujarnya.

Acara HUT TNI Ke-78 ini, diakhiri dengan Atraksi Terjun Payung, Drumband Taruna TNI, Atraksi Pesawat Tempur, Tarian dari Warga Masyarakat dan Kolone Senjata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *