SMP Islam Al-Ikhlas, Sekolah Berkarakter

banner 120x600

HITVBERITA.COM BEKASI | Pada dasarnya tujuan utama Pendidikan Karaker, adalah untuk membangun Bangsa yang Tangguh, Berakhlak Mulia, bermoral, ber etika, bertoleransi dan bergotong royong.

Pentingnya Pendidikan Karakter diterapkan di Sekolah, adalah untuk mengembangkan potensi dasar didalam diri para siswa, sehingga dapat menjadi individu yang jujur, berfikiran positif, bertanggung jawab dan berprilaku baik.

Dengan memiliki Karakter yang baik, diharapkan siswa tersebut akan memiliki landasan moral yang kuat, dapat memotivasi dirinya dan lingkungan sekitarnya, berketerampilan, serta kemampuan kepemimpinan yang berkualitas.

Salah satu Sekolah Menengah Pertama, yang menerapkan konsep Pendidikan Karakter tersebut, adalah SMP Islam Al-Ikhlas, yang berlokasi di Jalan Masjid Al-Ikhlas Jatimakmur Kota Bekasi.

HITVBERITA.COM yang menyambangi sekolah tersebut pada hari Senin 1 Juli 2024, diterima langsung oleh Kepala SMP Islam Al-Ikhlas Hj Siti Munawaroh S.Pd.

Dalam pertemuan yang penuh keakraban itu, Hj Siti Munawaroh S.Pd, menceritakan berbagai hal, berkaitan lingkup pendidikan disekolah yang dipimpinnya tersebut.

Menurut keterangannya, SMP Islam Al-Ikhlas ini berdiri ditahun 1995/1996, dibawah naungan Yayasan Pengembangan Pendidikan Islam (YPPI) Al- Ikhlas.

Sekolah yang terakreditasi ‘A’ ini, ditahun Ajaran 2023/2024 mendidik 287 orang siswa, dan ditahun yang sama, telah meluluskan 100 orang siswa.

Berbicara mengenai Konsep Pendidikan Karakter, ternyata sekolah yang bernuansa Islam ini, telah melaksanakannya sejak lama.

“Pendidikan Karakter bagi siswa, adalah hal utama yang menjadi perhatian kami, baik dari segi Agama, maupun sosial budaya,” katanya.

Dia juga menjelaskan, konsep pendidikan Karakter yang dilaksanakan disekolahnya tersebut, yang di integrasikan kedalam Kurikulum Sekolah.

“Kita menerapkan Nilai Nilai Karakter didalam setiap mata pelajaran dan juga melalui kegiatan Ekstrakurikuler, diantaranya melalui kegiatan Pembiasaan setiap harinya yaitu Tartil Qur’an, dan Tadarus 30 Juz sebelum pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar dimulai,” katanya.

Siti Munawaroh juga mengatakan, disekolah mereka tersebut juga ada Program Diniyah Takmiliyah Awwaliyah.

“Melalui kegiatan keagamaan, Nilai nilai Karakter dan sosial budaya, juga dapat kami sisipkan,” ujarnya.

Dibidang Ekstrakurikuler, sekolah ini juga sangat patut diperhitungkan, sebab dari pantauan HITVBERITA.COM, sederetan Piala Kejuaraan tampak menghiasi ruang Kepala Sekolah.

“Ada banyak Piala Kejuaraan yang diperoleh oleh anak didik kami, terutama dari Ekskul Paskibra,” ucapnya.

Sementara Kegiatan Ekskul lainnya, yang juga berpotensi di sekolah tersebut adalah Pramuka, PMR, Pencak Silat, Taekwondo, Futsal, Seni Tari, Paduan Suara, Hadroh dan Basket.

“Kedepannya mudah mudahan sekolah kami akan menambah beberapa ekskul, yang diharapkan dapat menumbuh kembangkan Karakter, potensi diri dan bakat siswa,” jelasnya.

SMP Islam Al- Ikhlas, saat ini memiliki 29 orang Guru yang mumpuni dibidangnya, didukung dengan 5 orang Tata Usaha dan 3 orang Karyawan.

Sementara itu, pihak Yayasan disekolah tersebut, selalu memberikan reward bagi siswa berprestasi dan Guru yang berprestasi.

“Alhamdulillah, Yayasan kita, selalu mendukung Program Sekolah, diantaranya memberikan reward berupa bea siswa dan perlengkapan sekolah, bagi siswa yang berprestasi, serta reward kepada Guru berprestasi berupa Umroh ke Tanah Suci, dan khusus untuk Umroh dilaksanakan setiap 4 tahun sekali, hingga saat ini, pihak Yayasan telah memberangkatkan 24 orang Guru untuk melaksanakan umroh,” ucapnya.

Di ujung Pembicaraan, Siti Munawaroh S.Pd, mengucapkan terimakasih kepada pihak Yayasan, Komite Sekolah, Dewan Guru dan orang tua siswa.

“Semoga saja dengan dukungan semua pihak, baik Yayasan, Guru, Staf sekolah, Dan para orang tua, insyallah kita dapat memberikan Pendidikan yang terbaik, serta dapat membentuk Karakter yang baik pula untuk anak anak kita,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *