Daerah  

53 Peserta UKW Dinyatakan Kompeten Untuk Mampu Menjadi Wartawan Yang Menjaga Kompetensinya, Independen dan Profesional

https://hitvberita.com/wp-content/uploads/2024/07/IMG-20240715-WA0452-1.jpg

HITVBERITA.COM PADANG | Sebanyak 60 orang wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) se Sumatera Barat, yang diselenggarakan dua hari, 5-6 Juli 2024, di Hotel Santika Premiere, Jln A. Yani, Padang. Kegiatan ini kerjasama Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Badan Uji Kompetensi Wartawan Univ. Dr. Moestopo.

Dihari pertama, Wakil Ketua Dewan Pers, Muhammad Agung memberikan wejangan dalam pidatonya dan sekaligus membuka kegiatan UKW ini. Peserta dari Lembaga PWI sebanyak 36 orang dan Lembaga Moeatopo sebanyak 24 orang. Peserta dibagi berdasarkan kelompok dengan satu penguji. Jumlah per kelompok sebanyak 6 orang. Penguji UKW dari Dewan Pers, Dewan Pers asal Kalimantan Timur/IKN, Yogyakarta dan dari PWI yang telah memperoleh sertifikat penguji badan Uji Univ. Dr. Moestopo.

Wakil dari Badan Uji Univ. Dr. Moestopo, Retno Intani ZA menerangkan, “Uji kompetensi ini bukanlah sebuah ajang formalitas, uji kompetensi adalah ujian,” terangnya.

Mata uji yang harus diselesaikan peserta sebanyak 11 dokumen dan telah berlangsung pada hari pertama, Jumat 5 Juli 2024 dari pagi hingga sore dan dilanjutkan besoknya hari Sabtu 6 Juli, mulai dari pagi hingga sore dan langsung penutupan.

Selama kegiatan ujian, semua peserta harus menyelesaikan semua mata uji, diantaranya menulis berita, berdiskusi/rapat dan sesi wawancara. Semua dijalani untuk mendapatkan nilai akhir dan dinyatakan kompeten oleh penguji masing-masing kelompok. Penilaian di dapat per orang bukan per kelompok.

Sore hari Sabtu setelah semua peserta melaksanakan semua sesi ujian. Uji Kompetensi Wartawan ditutup oleh Ketua Dewan Pers, Marah Sakti Siregar. Sebelumnya penutupan dilaporkan bahwa dari 36 peserta UKW tingkat Madya, lulus sebanyak 31 (tiga puluh satu) orang, dua orang tidak hadir dan dua orang tidak/belum kompeten. Sementara itu di tingkat Muda, dari peserta sebanyak 24 (dua puluh empat) orang lulus sebanyak 22 (dua puluh dua) orang dan dua orang dinyatakan tidak/belum kompeten.

Photo bersama menghakiri kegiatan Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan oleh Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Univ. Dr. Moestopo yang berlangsung dua hari ini.

Ernita Desyanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *