Kegiatan MPLS di TK Harapan Setu, Cipayung Jakarta Timur

banner 120x600

HITVBERITA.COM JAKARTA | Taman Kanak Kanak merupakan Lembaga Prasekolah dengan pendekatan pendidikan tradisional berbasis bermain.

Taman Kanak kanak ini merupakan pendidikan anak usia dini dalam bentuk pendidikan formal, yang diperuntukkan untuk anak anak berusia 4 sampai 6 tahun.

Kurikulum Taman Kanak ini, ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan,untuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Lama masa belajar seorang murid TK, biasanya tergantung pada tingkat kecerdasan, yang dinilai dari rapor persemester.

Adapun Kurikulum yang digunakan pada Taman Kanak kanak diantaranya Pendidikan Agama, Budi Bahasa, berhitung, membaca, menyanyi, bersosialisasi dalam lingkungan keluarga dan teman sepermainan, serta ketrampilan.

Di awal masuk sekolah tahun Ajaran 2024/2025, tepatnya hari Senin tanggal 8 Juli 2024, HITV Berita.Com menyambangi sekolah Taman Kanak Kanak Harapan, yang berlokasi di Jalan Bantar Jati RT 008/002 Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung Kota Jakarta Timur.

Menurut Keterangan Kepala TK Harapan Dra Dewi Puspita Sari, sekolah yang dipimpinnya tersebut berdiri di tahun 1995, dan untuk tahun Ajaran 2024/2025, mereka menerima siswa baru sebanyak 45 orang untuk TK’ A ‘ dan TK ‘B’.

“Mulai hari ini tanggal 8 Juli hingga dua Minggu kedepan, kita mengadakan kegiatan MPLS atau Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah, jadi anak anak terlebih dahulu dikenalkan dengan lingkungannya, agar nanti kedepannya Kegiatan Belajar Mengajar dapat terlaksana sesuai harapan,” ujarnya.

Sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2014, tentang enam standar pencapaian perkembangan anak (STTPA) yang harus dilakukan di PAUD maupun Taman Kanak Kanak, yakni Nilai Agama, Moral, Sosial Emosional, Fisik motorik, Kognitif, bahasa dan seni.

“Di Taman Kanak Kanak ini, anak belajar sambil bermain, dan untuk mencapai enam aspek yang diwajibkan Pemerintah tersebut, kami lakukan lewat pengenalan huruf dilanjutkan dengan membaca, pengenalan Angka dilanjutkan dengan belajar berhitung, pengenalan warna, pengenalan nama dan jenis binatang, kemudian belajar doa harian, membaca surat pendek dan Iqro, khusus iqro dilaksanakan setiap hari,” katanya.

Sementara untuk kegiatan Ekskul, Taman Kanak Kanak Harapan ini, memiliki kegiatan Drumband, renang, melukis, menari dan Bahasa Inggris.

Abdul Rosad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *