Berita  

Penutupan MPLS Di SMP Angkasa Halim Perdana Kusuma

https://hitvberita.com/wp-content/uploads/2024/07/IMG-20240715-WA0452-1.jpg

HITVBERITA.COM | Jakarta.
MPLS merupakan Program penyambutan siswa baru sebelum memulai proses belajar mengajar.

Pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah ini diperlukan, untuk mendukung proses pembelajaran disekolah.

Pelaksanaan MPLS ini telah diatur dalam Permendikbud RI Nomor 18 tahun 2016, dan didalam regulasinya dijelaskan bahwa Program pengenalan lingkungan sekolah ini, dilaksanakan pada awal tahun ajaran, untuk mengenalkan sarana dan prasarana disekolah tersebut, cara belajar siswa, penanaman konsep pengenalan diri, pembinaan awal kultur sekolah dan lain lain.

Didalam Permendikbud tersebut, dijelaskan ada 5 tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan MPLS ini yaitu, mengenal potensi diri siswa baru, membantu siswa untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menumbuhkan motivasi semangat dan cara belajar efektif, mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah serta menumbuhkan perilaku positif, antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati, menumbuhkan rasa persatuan, disiplin, hidup bersih dan sehat serta mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas dan semangat gotong royong.

Sejalan dengan hal tersebut, dihari ketiga atau hari terakhir pelaksanaan MPLS, Media HITV Berita.Com, berkunjung ke SMP Angkasa Halim Perdanakusuma, yang berlokasi di komplek Dirgantara III Jalan Surtikanti No 7 RT 7 RW 3 Lubang Buaya, kecamatan Cipayung kota Jakarta Timur. pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2024.

Dari Pantauan HITV Berita dilapangan, kegiatan MPLS, di sekolahan ini, cukup banyak, diantaranya Pengenalan Wiyatamandala, Pengenalan Organisasi Siswa Intra Sekolah dan Demonstrasi Ekstrakurikuler.

Menurut Keterangan Ketua Panitia MPLS SMP Angkasa Halim Perdanakusuma Waskito Amd mengatakan, Kegiatan MPLS mereka ini, diawali dengan Pra MPLS yang dilaksanakan. Pada hari Jumat tanggal 5 Juli 2024.

” Kita ada kegiatan Pra MPLS, tujuannya untuk membagi kelompok siswa baru, menjelaskan jadwal kegiatan dan hal lain yang dianggap perlu, sementara untuk MPLS nya dimulai dihari Senin tanggal 8 Juli 2024 ” katanya.

Dijelaskan pula oleh Waskito, Siswa baru yang mendaftar disekolah mereka berjumlah 127 orang, yang terdiri dari 61 siswa laki laki dan 66 siswa Perempuan.

” Alhamdulillah sampai hari ketiga MPLS ini, anak anak kami sehat semua, dan semoga saja dihari penutupan MPLS ini, bisa berjalan dengan lancar ” katanya.

Adapun Tema MPLS SMP Angkasa Halim Perdanakusuma tahun Ajaran 2024/2025 adalah Bergerak bersama, mewujudkan Pribadi Cerdas, berkarakter menuju Generasi Emas.

Ditempat terpisah, Kepala SMP Angkasa Halim Perdanakusuma Bima Sigit Bramantya S.Pd menjelaskan, ada 10 kegiatan utama dalam MPLS yang mereka laksanakan.

” Materi dalam kegiatan MPLS disekolah kita ini yaitu Pengenalan Kurikulum Sekolah, Pengenalan Lingkungan sekolah dan warga sekolah, Wiyatamandala, Undang Undang ITE dan Bulying , Tehnik Baris Berbaris, Tata tertib Sekolah, Pengenalan OSIS, Kesehatan remaja dan Demo ekskul ” ungkapnya.

Diapun berharap, hasil dari kegiatan MPLS ini, dapat memberikan nilai positif untuk siswa baru disekolahnya.

” Saya berharap, siswa kelas tujuh ini, bisa berorientasi dan mengenal lingkungan SMP Angkasa, dan ketika nanti mereka berproses dalam KBM, mereka akan berhasil ” harapnya.

Sebelum acara Penutupan MPLS berlangsung, terlebih dahulu dilaksanakan Demonstrasi kegiatan Ekskul yang dilaksanakan disekolah tersebut, dimulai dari Penampilan Paskibra, Penampilan Ekskul Jurnalistik, Tari Saman, Futsal, Basket, KKR, Pramuka, Rohis dan Marawis, serta English Club serta ditutup dengan Demo Penampilan Kempo Sorinji Jakarta Timur.

” Sesuai dengan Jargon SMP Angkasa Halim Perdana Kusuma yaitu JUARA, yakni Jujur, Unggul, Aktif, Relegius dan Berakhlak, mudah mudahan akan tercipta siswa yang Mandiri, Bertanggung Jawab, Disiplin, Dan Berkarakter ” ujar Bima Sigit Bramantya S.Pd mengakhiri pembicaraan dengan HITV Berita.Com.

(ABDUL ROSAD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *