Berita  

Perangi Politik Uang, Bawaslu Purwakarta Kerahkan Pengawas Partisipatif Politik

banner 120x600

Purwakarta | Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta menggandeng pemilih pemula untuk bersama-sama melakukan pengawasan Tahapan Pilkada 2024, di Kabupaten Purwakarta.

Pemilih pemula di kalangan mahasiswa dan pelajar ini, dibekali pengetahuan tentang pelaksanaan Pilkada serentak 2024 sebagai modal untuk bersama-sama melakukan pengawasan di Purwakarta.

“Pelajar dan mahasiswa ini nanti akan menjadi mitra kami dalam melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada 2024 di Purwakarta. Terutama pengawasan money politik, issue SARA, hoax dan ujaran kebencian,” kata Wahyudin, Anggota Bawaslu Purwakarta, di Hotel Ciwareng Inn, pada Rabu, 10 Juli 2024.

100 pelajar dan mahasiswa ini, lanjut Wahyudin, akan menularkan informasi dan ilmu yang diperoleh dalam kegiatan yang diikuti hari ini kepada rekan dan lingkungannya masing-masing. Sehingga diharapkan ke depan, pengawasan partisipasif oleh kalangan pemilih pemula bisa massif dilaksanakan.

“Jadi, kewajiban teman-teman pemilih pemula ini tidak hanya datang ke TPS untuk mencoblos, melainkan ada tugas lain, yakni mengawasi pelaksanaan Pilkada bersama-sama dengan kami,” ujarnya.

Ia menjelaskan, para pengawas partisipasif ini akan berkontribusi dengan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) untuk tingkat desa, dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk tingkat kecamatan.

“Jika menemukan dugaan pelanggaran, maka para pengawas partisipasif ini akan menginformasikan bahkan melaporkan ke jajaran kami,” jelasnya.

Pihaknya berharap, upaya untuk mewujudkan Pilkada yang bersih dan sukses merupakan tanggung jawab bersama. Sehingga, ke depan kegiatan serupa akan dilaksanakan dengan melibatkan lembaga dan elemen masyarakat yang ada di Purwakarta.

“Kita sudah menyiapkan pengawasan partisipasif melalui forum warga, kampung pengawasan dan pojok pengawasan yang sudah dilaunching awal bulan ini. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk mewujudkan Pilkada Serentak 2024 di Purwakarta supaya berjalan lancar, bersih sukses tanpa akses,” tandasnya.

(Raffa Christ Manalu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *