04 Januari 2019 | Dilihat: 154 Kali
Pasca Tsunami
1.800 RUMAH DI PESISIR PERLU DIRELOKASI
noeh21
 

HiTvBerita.com – LABUAN | Pemprov Banten memperkirakan ada 1.800 rumah di pinggir pantai yang perlu direlokasi akibat tsunami Selat Sunda. Lokasi untuk relokasi akan disiapkan di wilayah yang aman dari bencana.

"Jumlahnya masih terus di-update. Ada 1.300an sampai 1.800-an rumah. Itu dari Anyer sampai Sumur, wilayah kita," kata Gubernur Banten Wahidin Halim di Labuan, Pandeglang, Kamis (3/1/2019).

Wahidin menyebut lokasi yang disiapkan juga tidak terlalu jauh dari aktivitas mereka sehari-hari. Apalagi bagi mereka yang sebelumnya bekerja sebagai nelayan.

"Kita koordinasi dengan BPN (Badan Pertanahan Nasional), mana tanah yang bisa dijadikan lahan untuk relokasi," paparnya.

Saat ini kebutuhan anggaran untuk relokasi akan dibahas, termasuk dengan pihak kementerian yang akan membantu relokasi. Dari informasi terakhir, Wahidin menyebut anggaran disiapkan kementerian terkait, seperti Kementerian Sosial dan Kementerian BUMN, sampai BNPB, termasuk pemda.

"Data ini akan kita dapatnya standar (bangunan) dan berapa rumahnya. Kita hati-hati sekali, nanti salah buatnya, nanti kita kena pidana korupsi," katanya.

Wahidin juga meminta bantuan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk proses relokasi sampai pembangunan hunian.

Ditempat terpisah, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan menyiapkan pasukan Resimen Zeni untuk proses rekonstruksi hunian pascatsunami Selat Sunda. Personel akan dikerahkan setelah masa tanggap darurat dinyatakan berakhir pada 5 Januari.

"Saat ini masih masuk tanggap darurat. Nanti ketika masuk rehabilitasi, saya sudah bilang kepada Bupati, tenaga Zeni Konstruksi membantu pembuatan hunian sementara dan tetap," kata Marsekal Hadi.

Untuk personel yang diturunkan, lanjut Hadi, tergantung dari jumlah rumah yang akan direhabilitasi dan relokasi pascabencana.

"Berapa rumah yang dibutuhkan nanti dan berapa bulan targetnya sehingga kita bisa kalkulasi berapa personel dari Zeni Konstruksi akan kita terjunkan. Yang jelas, Bupati dan Gubernur minta bantuan tenaga Zeni Konstruksi, dari informasi yang diterima lokasi (hunian) baru," pungkasnya.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077