01 Januari 2019 | Dilihat: 219 Kali
63 HAKIM KARENA TERBUKTI MELANGGAR KODE ETIK
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Sepanjang 2018 Komisi Yudisial merekomendasikan 63 hakim ke Mahkamah agung untuk dijatuhi sanksi. Para hakim tersebut telah melanggar Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

Menurut Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus, dari 63 hakim tersebut, 40 hakim direkomendasikan dijatuhi sanksi ringan, 11 hakim terlapor direkomendasikan dijatuhi sanksi sedang dan 12 hakim terlapor direkomendasikan untuk dijatuhi sanksi berat.

"Kategori perbuatan hakim yang dinyatakan terbukti melanggar KEPPH di antaranya adalah, bersikap tak profesional sebanyak 42 orang, tidak menjaga martabat hakim sebanyak 8 orang, berselingkuh 6 orang, kesalahan pengetikan 5 orang dan tidak berperilaku adil sebanyak 2 orang," ujar Jaja di kantor KY, Jalan Kramat Rata No 57, Jakarta Pusat.

Kendati demikian, usulan Komisi Yudisial tersebut tak sepenuhnya dilaksanakan oleh Mahkamah Agung, Sebab kata Jayus masih ada tumpang tindih penanganan tugas pengawasan antara Komisi Yudisial dan Mahkamah Agung.

"Salah satu permasalahan yang sering terjadi terkait rekomendasi sanksi Komisi Yudisial adalah Mahkamah Agung tak melaksanakan sebagian usul sanksi yang disampaikan oleh Komisi Yudisial," ungkap Jaja.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial Sukma Violetta mengungkapkan, dari 39 laporan yang telah diputuskan dalam sidang pleno, baru 18 yang ditangani oleh Mahkamah Agung dan 15 belum dijawab oleh Mahkamah Agung. Dan 6 lainnya ada 3 yang sedang diproses di Mahkamah Kehormatan Hakim, 2 sedang proses sidang dan 1 susah putus.

" Komisi Yudisial sering tak memperoleh akses informasi atau data yang dibutuhkan saat menangani laporan masyarakat, lantaran Mahkamah Agung atau badan pengadilan tak bersedia memberikannya," pungkasnya.

OTHONE
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077