14 Januari 2019 | Dilihat: 178 Kali
PERLU TENAGA AHLI KELOLA LIMBAH RADIOAKTIF
noeh21
 

HiTvBerita.com - SLEMAN | Limbah radioaktif dari rumah sakit merupakan limbah yang cukup berbahaya, sehingga harus ditangani dengan baik oleh para ahli. Untuk itu, semua RS harus menyiapkan tenaga-tenaga yang ahli dalam mengelola atau menyimpan, sampai nanti pengiriman limbah radioaktif ke perusahaan pengelola limbah.

Hal tersebut diutarakan Anggota Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi VII DPR RI dengan Direksi RSUP Dr. Sardjito dan Bupati Sleman di Ruang Bundar RSUP Dr Sardjito, Sleman, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Jumat (11/1/2019).

“Tadi saya tanyakan, berapa lama rumah sakit ini menyimpan limbah radioaktif sebelum diambil oleh pihak perusahaan yang menyediakan pengangkutan limbah radioaktif tersebut,” kata Andi

Radioaktif biasa digunakan RS untuk rontgen. Badan Pengawasan Tenaga Nuklir (Bapeten) merupakan salah satu Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang ditugaskan oleh negara untuk mengawasi pengelolaan limbah radiokatif, khususnya yang berasal dari RS RSUP Dr Sardjito sendiri sudah sejak lama menjalin kerja sama dengan Bapeten dalam pengelolaan limbah radioaktif yang dihasilkannya.

“Tentunya kita akan menjadikan pengelolaan limbah radioaktif yang dilakukan oleh RSUP Dr. Sardjito untuk dicontoh oleh rumah sakit yang lainnya. Dimana menurut KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), RSUP Dr Sardjito ini sudah menjadi pilot project bagi rumah sakit lainnya dalam pengelolaan limbah," terang legislator Fraksi PAN ini.

Selain limbah radioaktif, Andi juga berpesan agar limbah bekas suntik juga harus benar pengelolaannya. Terkadang bekas jarum suntik seolah-olah menjadi barang mainan, padahal limbah tersebut berbahaya kalau tidak segera dimusnahkan, apalagi sampai ada yang kembali menggunakannya.

“Ini kan bahaya, apalagi kita tahu kalau rumah sakit selain menghasilkan radioaktif juga jarum suntik. Bukan hanya dilihat dari jarumnya saja, tetapi kan di situ ada penyakit-penyakit infeksi yang bisa tertular melalui sisa-sisa dari jarum suntik itu, ataupun obat-obatan yang masih tersisa di dalam jarum suntik tersebut," pungkas legislator dapil Sulawesi Selatan II itu.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077