PANDUAN KEMITRAAN
Untuk membangun kinerja HiTvBerita.com yang solid dan merata diseluruh Indonesia, maka diberlakukan system managemen secara total mulai 01 November 2018 hingga 31 Desember 2019. Pada tanggal 1 Januari 2020, seluruh manajemen sudah berfungsi, dan semua mitra HiTvBerita.com yang belum melaksanakan Panduan Kemitraan HiTvBerita.com akan di-evaluasi dan bahkan secara hukum bisa dicabut kemitraannya.

DEWAN PIMPINAN
Terjadi kesepakatan legalisasi, berdasarkan putusan rapat Dewan Redaksi dan usulan Komisaris Utama selaku pemegang keputusan tertinggi pada managemen media online HiTvBerita.com yang dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2018, bertempat di Kantor Redaksi HiTvBerita.comGang Koperasi RT 003 RW 07 Jalan Poncol, Ciracas Jakarta Timur, maka dengan begitu terjadi perbaikan atau bahkan perubahan pada Dewan Pimpinan HiTvBerita.com untuk mencapai kekuatan maksimal dalam pelaksanaan pekerjaan harian seluruh kinerja media online HiTvBerita.com, sbb:

PENASEHAT :
Taufiq Rachman SH S.sos
Lasman Siahaan SH MH
Rudi Sembiring SE
Binsar Siagian SH

PEMIMPIN UMUM / PENANGGUNG JAWAB :
Ichsan Hanafi

 

PEMIMPIN REDAKSI :
AYS Prayogie
 

PEMIMPIN PERUSAHAAN :
ILham Hanafi
REDAKTUR EKONOMI & POLITIK: Toni Flamingo REDAKTUR LINGKUNGAN HIDUP & OLAH RAGA: Ari Muchtar, REDAKTUR BUDAYA PARIWISATA & POTENSI DAERAH: Cristy  Andrini REDAKTUR BAHASA & SASTRA:  Airan Airana DIREKTUR OPERASIONAL & ADVERTISING :
Iqbal Hanafi, MANAGER FINANCE: Ichwan Hanafi, ASISTENT MANAGER FINANCE: Rendi Pramudia

Redaktur WEB 
Yudi Kerta
FOTOGRAFHER:
Fathur Ridho
MAINTENANCE WEB:
Noeh Nemen

STAFF REDAKSI KANTOR PERWAKILAN PROVINSI:
DKI JAKARTA: Herry Sulaeman, JAWA BARAT: Bunda Lili, BANTEN : Yosef Munar, JAWA TENGAH: Mohamad Rachmat, JAWA TIMUR: Bambang PM, MADURA: Lastri Ningsih, NTT: Leonardo Riberu, NTB: Agus Tambora, LAMPUNG: Vera Wati, SUMUT: Andre Kurniawan Damanik SHSUMBAR: Amin Pratikno, BABEL : Feryandi Komeng, KEPRI : Hondro, KALTIM : Bucek T, KALBAR: Evelyn Yang Xueling, KALTIM: Dra.Kameloh, SULSEL: Irwan Hanafi, SULUT: Erika Karundeng, SULTRA : Royman M Hamid, MALUKU: Rudi Haya Wakano, JAYAPURA: Mbayani.

STAFF REDAKSI KANTOR BIRO PERWAKILAN KABUPATEN DAN KOTAMADYA:
KAB. BANDUNG: Deden Kusdinar, TASIKMALAYA: Andi Sopandi, KOTA DEPOK: Nurdin Zigur, KAB. CIANJUR: Rustendi, KAB. BOGOR: Denis Lubis, KAB. SUKABUMI: Yoppy Sulaeman, CIMAHI: Ayi Tresna, KAB. BEKASI: Pendi, KAB. KARAWANG: Ir. Syaugy, KAB. SUBANG: Eddy Kumis, KAB. MAJALENGKA: Nono Papih, KAB. PURWAKARTA: Kokom Gemblonk, KAB. TANGGERANG: Wendri Marbun, KAB. PALU : Dewi Satri,

CONTRIBUTOR:
(KOORDINATOR CONTRI) : Radhit Mahardhika, (JKT-SELATAN): Zaroah Nidia Salatin, (JKT-TIMUR): Andri, (JKT-PUSAT): Eka Sefty, (JKT-UTARA): H. Busron Habib Karim SE, (JKT-BARAT): Susan Jane, BEKASI: Pendi, TANGSEL: Wendri Marbun, BOGOR: Mohammad Yulianto, DEPOK: Nurdin, CIANJUR: Nedi Rustendi, SUKABUMI: Yoppi Sulaeman, CIMAHI: Ayi Tresna,  MANADO: Dhetya Sakonda Beby,   

STRINGER:
Ikma Kiki, Eka Diana, Trissanda Gadis, Falen,
 
 
MEMBER OF :
Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI)
Persatuan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN)
Media Online Indonesia (MOI)

DITERBITKAN OLEH :
PT. Hijrah Insani (PT HI)

NOTARIS:
NPWP:

ALAMAT REDAKSI:
Jalan Raya Poncol – Ciracas
Gang Koperasi RT 003 RW 007 Kelurahan Ciracas
Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur
HOT LINE SERVISES :
Telp (021) 22328077

Ponsel : 0813 1690 7116
EMAIL :
redaksi.hitvberita@gmail.com
 prayogie.hitv@gmail.com


KELEMBAGAAN
KANTOR PUSAT: Di dirikan sesuai keputusan rapat Dewan Redaksi HiTvBerita.com dengan Akte Notaris : ………………………/Tahun 2018
  1. KANTOR WILAYAH: Dibuka berdasarkan batas kewilayahan NKRI di ibukota provinsi atau daerah khusus setingkat provinsi, dengan ketentuan didaerah khusus setingkat provinsi tersebut telah berdiri sekurangnya 2 (dua) Kantor Biro HiTvBerita.com. Pendirian Kantor Wilayah harus disesuaikan dengan nota kesepakatan kerja, antara kantor biro-biro HiTvBerita.com yang sudah beroprasi di wilayah tersebut dengan Kantor Pusat HiTvBerita.com di Jakarta, dengan proses legalisasi hukum berdasarkan persyaratan dan Panduan Kemitraan yang ditetapkan Kantor Pusat HiTvBerita.com. Keberadaan sebuah Kantor Wilayah HiTvBerita.com, bisa sekaligus merupakan Kantor Biro  HiTvBerita.com disuatu wilayah Kota Provinsi, hal itu terjadi berdasarkan hasil pemilihan atau kesepakatan kantor biro-biro HiTvBerita.com di wilayah provinsi tersebut dengan prosedur legalisasi hukum berdasarkan persyaratan dan petunjuk teknis yang tertuang pada buku Panduan Kemitraan yang ditetapkan Kantor Pusat. Ketentuan tersebut diatas dapat berubah sesuai dengan kebutuhan, dan telah disetujui sebelumnya dalam rapat pimpinan pusat.
  2. KANTOR BIRO: Sebuah Kantor Biro HiTvBerita.com dibuka berdasarkan Wilayah NKRI yang berkedudukan di ibukota kabupaten atau kotamadya yang telah disepakati pendiriannya oleh Kantor Pusat di Jakarta. Pendirian dilakukan sesuai persyaratan kinerja HiTvBerita.com dengan legalisasi hukum serta mengacu kepada petunjuk teknis buku Panduan Kemitraan yang ditetapkan Kantor Pusat HiTvBerita.com.
  3. WARTAWAN CONTRIBUTOR: Penunjukan Wartawan Contributor dilakukan berdasarkan kebutuhan untuk mengcover pendistribusian berita dari seluruh Wilayah NKRI, atau kota-kota khusus yang disepakati dalam melaksanakan tugas pada suatu wilayah kerjanya yang telah ditentukan oleh Kantor Pusat. Penunjukan Wartawan Contributor dilakukan sesuai persyaratan kinerja media online HiTvBerita.com dengan legalisasi hukum serta mengacu kepada petunjuk teknis buku “PANDUAN KEMITRAAN” yang ditetapkan Kantor Pusat HiTvBerita.com.


PERSYARATAN KELEMBAGAAN
KANTOR WILAYAH: (a) Kepala Kantor Wilayah setidaknya harus memiliki pengalaman kerja dalam bidang jurnalistik, sekurangnya pengalaman tersebut telah dibuktikan selama 2 (dua) tahun sebagai wartawan atau sebagai posisi pada tingkatan lainnya di jenjang profesi kewartawanan pada sebuah perusahaan pers – (b) Pengangkatan Kepala Kantor Wilayah dapat juga dilaksanakan karena berdasarkan pertimbangan khusus oleh Dewan Pimpinan Pusat HiTvBerita.com. (c) Pembukaan Kantor Wilayah dan penunjukan Kepala kantor Wilayah harus sesuai dengan kesepakatan atau usulan Kepala-Kepala Biro yang sudah beroprasi di wilayah tersebut. Bila belum terbentuk Kantor Biro di wilayah itu, maka pembukaan Kantor Wilayah harus didasari masukan positif oleh calon Kepala-Kepala Kantor Wilayah, bahwa dia dan jaringan kemitraan yang dimilikinya mampu membuka minimal 2 (dua) Kantor Biro dalam waktu segera. (d) Kepala Kantor Wilayah adalah figure yang mampu meng-koordinasi seluruh Kepala-Kepala Kantor Biro, untuk kepentingan media online HiTvBerita.com secara Nasional. (e) Setiap Kepala Kantor Wilayah wajib mengikuti pelatihan di diklat media online HiTvBerita.com 1 (satu) tahun sekali, sesuai dengan agenda program yang sudah ditentukan oleh Kantor Pusat HiTvBerita.com. (f) Kepala Kantor Wilayah wajib memiliki jaringan lobi yang luas dan sanggup melaksanakan tugas-tugas khusus dari Kantor Pusat, sekaligus melakukan koordinasi langsung dengan Kantor Pusat di Jakarta. (g) Kepala Kantor Wilayah HiTvBerita.com harus memiliki lokasi kantor permanen dengan subtitusi peralatan seperti telepon, faximille, dan computer.
  1. KANTOR BIRO: (a) bisa dibuka berdasarkan penunjukan oleh Kantor Pusat atau diusulkan oleh Kantor-Kantor Biro yang sudah beroprasi di wilayah tersebut. (b) Kepala Kantor Biro harus sudah tercatat sebagai wartawan dengan pengalaman sekurangnya 1 (satu) tahun. Bila terjadi penunjukan figure yang belum pernah tercatat sebagai wartawan, maka figure tersebut harus memiliki sertifikat diklat media online HiTvBerita.com. (c) Kepala Kantor Biro adalah figure yang mampu meng-koordinasi seluruh wartawan media online HiTvBerit.com. Kepala Kantor Biro ber-Hak menunjuk dan melatih wartawan untuk membantu wilayah kerjanya, dan wajib memberikan surat tugas dari Kepala Kantor Wilayah setempat. Bila didaerah kerjanya belum terbentuk Kantor Wilayah, maka Kepala Kantor Biro wajib meminta secara tertulis surat tugas tersebut kepada Kantor Pusat. (d) Kepala Kantor Biro harus memiliki jaringan lobi yang luas dan sanggup melaksanakan tugas-tugas khusus dari Kantor Pusat. (e) Kecuali Kepala-Kepala Kantor di DKI Jakarta dan sekitarnya. Serta Kantor-Kantor Biro yang belum memiliki Kantor Wilayah, maka setiap Kepala Kantor Biro wajib mengikuti pelatihan diklat di Kantor Wilayahnya masing-masing 1 {satu) tahun sekali dalam setahun sesuai dengan program Kantor Pusat HiTvBerita.com. (d) Kepala Kantor Biro harus memiliki lokasi kantor secara permanen dengan subtitusi peralatan kantor, seperti telepon, faximille, dan computer. 
  2. CONTRIBUTOR: (a) Kantor Pusat bisa merekrut Wartawan Contributor jika diwilayah tersebut belum terbentuk adanya Kantor Perwakilan HiTvBerita.com Provinsi atau Kantor Biro HiTvBerita.com Kabupaten/Kota, atau hal tersebut bisa saja terjadi karena disebabkan adanya pertimbangan secara khusus untuk merekrut contributor, setelah memberikan dulu pelatihan dasar kewartawanan secukupnya. (b) Contributor mutlak berkoordinasi dengan Kantor Perwakilan Biro di wilayahnya, untuk semua kegiatan media online HiTvBerita.com.  

HAK DAN KEWAJIBAN KELEMBAGAAN
KANTOR PUSAT: Berhak membatalkan kesepakatan Kantor-Kantor Biro yang berada di ibukota Provinsi dalam mengusulkan pembukaan sebuah Kantor Wilayah, apabila usulan tersebut dinilai tidak memenuhi kriteria seperti yang tertulis pada Panduan Kemitraan. Namun sebaliknya, Kantor Pusat tidak ber-Hak membuka Kantor Wilayah, tanpa adanya kesepakatan mayoritas dari Kantor-Kantor Biro pada wilayah tersebut. Terkecuali bila di wilayah itu belum ada terbentuk Kantor Biro, maka Kantor Pusat bisa menunjuk Wartawan media online HiTvBerita.com, dengan klasaifikasi figure tersebut memiliki kemampuan mengelola serta mampu meng-koordinir kinerja journalist, selanjutnya Kantor Wilayah bisa dibuka dengan persyaratan yang tercakup dalam buku Panduan Kemitraan.
  1. KANTOR WILAYAH: Setiap kepala Kantor Wilayah ber-Hak menerima imbal balik jasa dari manajemen HiTvBerita.com sesuai hasil yang dicapainya selama 6 bulan bekerja dalam manajemen Kantor Pusat, menyusul setelah waktu kerja tersebut tercapai. Sebaliknya, setiap Kepala Kantor Wilayah bertanggung jawab penuh menjalankan promosi iklan yang ditetapkan Kantor Pusat. Setiap Kepala Kantor Wilayah wajib menyetor biaya administrasi sebesar Rp3.500.000,- (tiga juta lima ratus ribu rupiah) sebagai deposit. Setiap Kantor Wilayah yang sudah melaksanakan kewajibannya menyetor deposit, akan mendapat inventarist dari Kantor Pusat  berupa Camera/Handycam standar liputan. Setoran uang Deposit tersebut dapat diambil kembali apabila keberadaan Kantor Wilayah terbentuk sudah tidak lagi bergabung pada manajemen Pusat, dengan ketentuan mendapatkan potongan administrasi sebesar 20%. Setoran jaminan administrasi dari Kantor Wilayah harus sudah berada di rekening perusahaan PT.Hijrah Insani - yang merupakan perusahaan pers yang menerbitkan media online HiTvBerita.comYakni, setoran tersebut harus sudah masuk ke rekening pusat selambat-lambatnya 1 (satu) minggu setelah segala kelengkapan legalitas persuratan (surat keputusan pengangkatan, kartu pers dan lainnya), telah diterima oleh setiap Kepala Kantor Wilayah media online HiTvBerita.com terbentuk.
  2. KANTOR BIRO: Setiap Kepala Kantor Biro ber-Hak menerima imbal balik jasa dari manjemen pusat HiTvBerita.com sesuai dari hasil yang dicapainya selama 6 (enam) bulan kerja dalam manajemen baru HiTvBerita.com, terhitung mulai 1 Januari 2019. Jumlah yang akan ditetapkan oleh manajemen Kantor Pusat menyusul setelah waktu kerja tersebut tercapai. Sebaliknya, setiap Kepala Kantor Biro bertanggung jawab menjalankan promosi iklan (advedtorial dan display) yang didapat dari para relasi serta mitra kerja yang berada pada wilayah kerjanya. Setiap Kepala Kantor Biro wajib menyetor biaya administrasi sebesar Rp1.500.000,- (satu juta rupiah) sebagai uang deposit, bagi Kepala Kantor Biro yang sudah menyetor uang deposit berhak mendapatkan inventaris peralatan kerja dari Kantor Pusat berupa peralatan liputan.                   
Uang deposit yang disetor ke rekening Kantor Pusat, dapat diambil kembali pada saat Kantor Biro tersebut sudah tidak berada lagi dalam manajemen HiTvBerita.com, dengan mendapat potongan administrasi sebesar 20 % dan juga Kepala Kantor Biro tersebut diwajibkan mengembalikan barang inventaris yang diberikan oleh Kantor Pusat. Bagi Kantor Biro yang tidak memenuhi kewajibannya, akan dikenakan sanksi pemutusan hubungan kerja kemitraan.



KEWARTAWANAN
CALON WARTAWAN BARU: pada media online HiTvBerita.com, diwajibkan untuk mengikuti diklat dengan syarat memasukan riwayat hidup (curriculum vitae) berisi riwayat pendidikan dan copy ijazah terakhir serta pengalaman kerja. Setiap pelamar kembali akan di test oleh Litbang media online HiTvBerita.com sesuai kriteria test yang diberikan oleh Diklat HiTvBerita.com.




PERSYARATAN KEWARTAWANAN
Setiap calon wartawan/reporter HiTvBerita.com diutamakan memiliki ijazah S1 dari semua perguruan tinggi negeri dan swasta atau institusi sederajat yang diakui pemerintah  
  1. Setiap calon wartawan/reporter media online HiTvBerita.com yang hanya memiliki ijazah D3 harus memiliki pengalaman kerja kewartawanan minimal 1 (satu) tahun dan harus membuktikannya dengan melampirkan serta surat keterangan pernah bekerja dari lembaga atau perusahaan pers terdahulu, dan bukti artikel, berita, atau feature berupa guntingan (clipping) naskah yang pernah dimuat pada media cetak maupun media online sebagai karya tulisnya sendiri.
  2. Setiap calon wartawan yang memiliki ijazah SMU atau sederajat, hanya akan dimasukan dalam kriteria test diklat HiTvBerita.com. Bila calon wartawan tersebut memiliki pengalaman kerja kewartawanan harus membuktikannya dengan surat keterangan pernah bekerja dari lembaga atau perusahaan pers, dan harus dibuktikan dengan melampirkan serta karya tulis yang pernah dimuat barupa artikel, berita, maupun feature berupa guntingan (cliping) naskah yang pernah ditulisnya sendiri.
  3. Untuk calon-calon wartawan HiTvBerita.com yang tidak memiliki kriteria pada butir 1 (satu)  hingga 3 (tiga) hanya akan dilayani melalui diklat media online HiTvBedrita.com berdasarkan pertimbangan sangat khusus, dan akan mengikuti pembinaan diklat kewartawanan selama 6 (enam) bulan sebelum dilakukan test masuk.


HAK dan KEWAJIBAN WARTAWAN
Setiap wartawan media online HiTvBerita.com wajib menyetor biaya administrasi sebesar Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah) sebagai deposit. Setiap wartawan yang sudah melaksanakan kewajibannya menyetor deposit, akan mendapat inventarist dari Kantor Pusat berupa Camera/Handycam. Selain itu wartawan tersebut berhak mendapatkan imbalan jasa dari pihak perusahaan yang menerbitkan HiTvBerita.com, dengan perhitungan setelah tercatat selama enam bulan bekerja pada manajemen

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077